Selasa, 17 Maret 2020

Panduan Pilih Sepatu Gunung Berdasarkan Medan Pendakian


Sepatu gunung mempunyai beberapa jenis tipe sesuai dengan manfaatnya. Pilih sepatu gunung sesuai medan serta kondisi gunung yang akan didaki. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Segala hal dibuat sesuai dengan manfaat semasing. Demikian juga dengan sepatu. Sepatu yang dipakai naik gunung tidak dapat disejajarkan dengan sepatu untuk sehari-sehari.


Berikut beberapa macam sepatu gunung sesuai peranan serta medan pendakian:

1. Hiking Sendal
Hiking sendal adalah pilihan yang cocok buat Kamu yang suka pada pendakian dengan trekking enjoy. Sendal mempunyai berat yang mudah hingga tidak cepat membuat Kamu kecapekan.

Buat beberapa pendaki, sendal hiking dipakai untuk trekking pendek atau jadi sepatu cadangan saat mereka dalam ruang perkemahan.

Kekurangannya ialah sandal tidak mempunyai penyangga sendi. Jadi, saat satu waktu kaki tergelincir atau terjatuh, sandal tidak dapat membuat perlindungan sendi Kamu.

Pilih sandal yang mempunyai strap yang dijahit dengan kuat supaya tidak gampang rusak. Penentuan strap punya pengaruh pada kuat tidaknya strap menerkam kaki Kamu.



2. Trail Running Shoes

Salah satunya tipe sepatu gunung Trail Running Shoes.
Salah satunya tipe sepatu gunung Trail Running Shoes. Photo datang dari Outdoorgearlab.com

Trail Running Shoes bukan seperti sepatu lari biasanya. Sepatu lari ini dibuat untuk melalui jalur-lajur gunung. Benar-benar pas untuk mendaki gunung yang tidak tinggi serta mempunyai jalan trekking yang pendek (1 – 5 mil)

Sol sepatu yang dibikin lebih kuat serta keras akan membuat perlindungan kaki dari cuaca serta keadaan medan yang jelek. Sepatu gunung tipe ini mempermudah kaki untuk mencapai tanjakan. Tidak hanya nyaman untuk mendaki, memiliki bentuk yang simpek pas dipakai untuk melakukan aktivitas setiap hari.

3. Hiking Shoes
Hiking shoes benar-benar cocok dipakai untuk pendakian dengan jalan yang landai serta medan tidak berat. Kerangka mode sepatu gunung ini memberi kenyamanan untuk kaki Kamu melalui jalan pendakian yang tidak curam. Jalan pendakian Guung Prau, Papandayan pas dengan sepatu tipe ini.

Biasanya hiking shoes dibuat berbahan suede, nilon, atau kulit. Walau bantalan kaki tidak demikian tinggi, tapi kerangka sepatu bisa membuat perlindungan pergelangan kaki (sendi). Jangan tertipu dengan bebagai tipe sepatu di pasar yang seperti dengan hiking shoes ini. Kemungkinan mempunyai bentuk yang seperti, tetapi manfaatnya jelas tidak sama.

4. Mid-Weight Boot
Mid-Weight Boot, sepatu gunung dengan mode classic ini benar-benar pas di pakai untuk naik gunung dengan medan yang cukup berat serta jalan pendakian yang tidak demikian mulus. Konstruksi mode serta sol sepatu gunung yang keras memang membuat kaki berasa kurang nyaman. Bantalan sepatu yang tingginya nanggung membuat gerakan kaki kurang fleksibel. Seringkali beberapa pengguna sepatu gunung tipe ini merasakan tidak nyaman saat mencapai tanjakan yang tinggi. Tetapi, sepatu gunung type ini sangat cocok bila dipakai untuk pendakian yang memerlukan waktu beberapa hari.

5. Heavy Boot
Dengan tehnis, sepatu Heavy Boot dengan bantalan kaki tinggi mempunyai kerangka sepatu yang lebih bagus. Biasanya bahan sepatu gunung ini dibuat dari Gore-tex. Kelebihan bahan Gore Tex ialah tahan air, uap masih dapat tembus susunan bahan ini, serta tidak gampang lembab. Benar-benar cocok bila Kamu mendaki gunung di medan yang berat.

6. Mountaineering Boot
Bila Kamu akan mendaki Everest, Mountaineering Bootlah yang seharusnya Kamu punya. Umumnya beberapa pendaki menggabungkan sepatu type ini dengan Crampon (kerangka penyangga sepatu untuk berjalan di salju atau es). Sepatu gunung ini dibuat untuk mendaki gunung es tetapi kurang nyaman saat berjalan di trekking yang benar-benar panjang. Mountaineering Boots dibuat berbahan yang membuat perlindungan kaki dari suhu paling rendah.

Sepatu Gunung
Pilih tipe sepatu gunung itu susah-susah gampang. Ketahui dahulu peranan sepatu gunung serta medan yang akan didaki. Jangan sembarangan pilih. Saat ini banyak sepatu style dengan mode seperti sepatu gunung. Salah pilih sepatu pasti benar-benar beresiko buat keselamatan Kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar